Kamis, 01 Desember 2016

asal-usul tumbuhan jagung bersama persebarannya

tumbuhan jagung adalah salah satu tumbuhan pangan pengahasil karbohidrat yang pertama di bumi, tidak cuma cante serta pula antah. buat keadaan ini di sebagian negara serupa di area amerika lagi serta selatan, bulir jagung jadi makanan pohon. serta sedemikian itu pula dibeberapa area afrika serta indonesia seorang diri.

asal ajakan tumbuhan jagung

serta enggak cuma itu, jagung pula jadi anggota yang esensial buat pakan peliharaan, tidak cuma selaku pangkal makanan pohon, jagung pula didapat minyaknya serta dapat juga diolah jadi aci. beraneka ragam produk anak perolehan pengerjaan jagung pula jadi materi asas dalam sebanyak produk pabrik pangan.

asal ajakan tumbuhan jagung bersama persebarannya
yang menurut alamat asal usul, dalam keadaan ini ilmu arkeologi sudah membidik pada budidaya jagung kuno di komponen selatan meksiko, amerika lagi dari 7000 tahun kemudian. keadaan ini bisa diamati dari sisa-sisa tongkol jagung kuna yang ditemui di gaung guila naquitz, ngarai oaxaca yang berumur sekeliling 6250 tahun. atas invensi tongkol jagung utuh itu sekalian menjadikannya selaku tongkol jagung tertua yang ditemui di gua-gua dekat tehuacan, puebla, meksiko yang berumur sekeliling 3450 sm.

buat sementara itu, kabilah olmek serta maya disangka sudah memelihara jagung di seantero amerika lagi dari 10. 000 tahun yang lalau serta memahami beragam cara pengerjaan perolehan. teknologi ini dibawa ke ekuador, amerika selatan sekeliling 7000 tahun yang lalau, serta mendekati kawasan pegunungan di selatan peru pada 4000 tahun yang kemudian. pada ketika itulah bertumbuh tumbuhan jagung yang bisa menyesuaikan atas temperatur udara kecil di area pegunungan andes, setelah itu dari 2500 sm, tumbuhan jagung sudah diketahui di beragam arah benua amerika.

pada jagung yang dibudidayakan diduga selaku dinasti rumpun langsung sebangsa tumbuhan rerumputan mendekati jagung yang berjulukan teosinte “zea mays ssp, parviglumis”, dalam cara domestikasinya yang aktif setidaknya enggak 7. 000 tahun yang kemudian oleh masyarakat asli setempat, yang masuk gen-gen dari sub genus lain, terpenting zea mays ssp, mexicana. yang dalam kata teosinte sesungguhnya dipakai buat melukiskan segala genus dalam jenis zea, eksepsi zea mays ssp. mays, yang dalam cara penjinakan melahirkan jagung adalah semata genus belukar yang enggak bisa hidup dengan cara buas di alam.

keadaan ini yang lalau berbuntut atas kehadiran banyak orang eropa ke benua amerika dari akhir era ke-15 serta membawa bersama jenis-jenis jagung ke bumi lamban, bagus ke eropa ataupun ke asia. pengembaraan jagung ke asia kian dipercepat atas terbukanya kolom barat yang dipelopori oleh armada laut arahan ferdinand magellan yang melalui samudera pasifik. di lokasi anyar inilah tumbuhan jagung relatif sederhana menyesuaikan karna tumbuhan ini ada elastisitas fenotipe yang tinggi.

buat di area nusantara seorang diri, pada tumbuhan jagung diperkirakan masuk pada sekeliling era ke-16 oleh pengembara portugis. masukanya tumbuhan jagung di indonesia juag melahirkan beraneka ragam bagai penjulukan buat mengatakan tumbuhan jagung.

tutur “jagung” seorang diri adalah akronim dari tutur “jawa agung” alias dalam bahasa jawa yang ada maksud “jewawut besar”, sementara itu di kawasan lainnya di nusantara, penaman jagung adalah jagong “sunda, aceh, batak, ambon”, ayam jantan “bima”, jhaghung “madura”, rigi “nias”, eyako “enggano”, wataru ” sumba”, latung “flores”, fata “solor”, pen “timor”, gandung “toraja”, kastela “halmahera”, telo “tidore”, binthe alias binde “gorontalo serta buol”, barelle “bugis”, milu alias milho “dibeberapa area di indonesia timur”.

demikianlah dialog hal asal ajakan tumbuhan jagung bersama persebarannya hendaknya atas adanya keterangan itu bisa meluas anggapan serta wawasan kamu segala, dapat kasih melimpah berdasarkan kunjungannya.

1 komentar:

  1. Hi Selamat pagi mas masku
    teman kamu pada menang puluhan juta
    ayo giliran kamu! menangkan sekarang juga
    Pilih Agen Poker & DominoQQ Yang Terpercaya?
    PIN BB : D61E3506
    Whatsapp : +85598249684
    L ine : Sinidomino
    poker online

    BalasHapus