Jumat, 06 Oktober 2017

keadaan geografis serta masyarakat asia tenggara

keadaan geografis serta masyarakat asia tenggara – dengan cara klimatologis, area asia tenggara di lalui oleh garis khatulistiwa. oleh karna itu, asia tenggara beberapa besar tertutup oleh hutan tropik.

beberapa besar daerah asia tenggara terdapat di sekeliling garis angan-angan khatulistiwa, ialah antara 28o29 lu – 11o ls serta 92o 11 bt – 141o bt. asia tenggara melingkupi negara-negara di ancol indocina (vietnam, laos, kamboja), myanmar, thailand, malaysia, singapura, indonesia, filipina, serta brunei darussalam.

fisiografis
diamati dari rupa daratannya, asia tenggara bisa dibedakan jadi dua komponen besar, ialah:

1) asia tenggara darat, melingkupi thailand, laos, myanmar, kamboja, vietnam, serta malaysia barat,

2) asia tenggara kepulauan, melingkupi indonesia, filipina, singapura, brunei darussalam, serta malaysia timur.

dengan cara geologis, area asia tenggara jadi daerah pertemuan penting antara pegunungan belia sirkum pasifik atas pegunungan sirkum mediteran. kelompok pegunungan itu berjumpa di indonesia komponen timur, di bahar maluku, arah barat laut genangan banda. deretan pegunungan itu ada gunung-gunung berkobar yang lagi aktif, serupa di indonesia serta filipina. karangan pegunungan yang enggak aktif ada di ancol malaya serta pulau kalimantan, pegunungan iring-iringan yoma di myanmar, pegunungan di thailand, serta pegunungan annam di ancol indocina.

beberan alun-alun kecil terdapat di kolom gerakan serta muara sungai bengawan besar, ialah bengawan irawadi serta salween (myanmar), bengawan mekong (ancol indocina), bengawan menam (thailand), bengawan barito, bengawan musi, bengawan kapuas, bengawan batang air sendiri, bengawan citarum, serta bengawan memberamo (indonesia).

dengan cara klimatologis, asia tenggara yang dilewati oleh garis khatulistiwa memperoleh melimpah hujan. oleh karna itu, asia tenggara beberapa besar tertutup oleh hutan tropik.

masyarakat
masyarakat asia tenggara didominasi oleh suku bangsa mongoloid walaupun faktanya ada juga gabungan dari suku bangsa negroid serta kaukasoid. pedaran masyarakat asia tenggara ialah 41% -nya ada di indonesia, 15% di filipina, 14% divietnam, 13% di thailand, 9% di myanmar, 4% di malaysia, serta lebihnya terhambur di sebagian negara asia tenggara lainnya. beberapa besar masyarakat asia lagi bercokol di daerah pedesaan. negara yang semua penduduknya bercokol di daerah kota, ialah singapura. keadaan ini alami mengenang singapura adalah ”negara kota”. masyarakat yang terfokus di kota tidak cuma singapura ialah brunei darussalam.

perekonomian
tiap daerah ada idiosinkrasi berbeda-beda. idiosinkrasi yang dipunya, ialah kehomogenan definit yang eksklusif, bisa berwujud kejadian awak, manusiawi, serta kejadian kaitan saling terkuat antara aspek awak serta kemanusiaan dalam arsip yang berpatutan.

terdapat sebagian aspek yang mempengaruhi kehidupan ekonomi serta sosial di area asia tenggara. posisi asia tenggara amat penting, karna:

adalah jembatan antara asia, australia, rampas pasifik, rampas hindia, serta bumi barat bersama bumi timur;
bangkok jadi bandar udara global;
singapura jadi bandar transit global;
pulau batam di setelah itu hari ada angka yang serupa atas singapura serta kemampuan ekonominya amat tinggi.
tipe pembuatan komoditi ekspornya, antara lain,

rejasa putih dibuahi di malaysia, indonesia, serta thailand;
getah kejai teramai dibuahi di malaysia serta indonesia;
kopra dibuahi di filipina, malaysia, serta indonesia;
kusen limpit, perolehan hutan tropis, bersama komoditi perolehan agraria tropis berakar di asia tenggara.
asia tenggara ada sebagian pertemuan yang adalah keunikan eksklusif sehingga membangun sesuatu region. pertemuan itu ialah:

eskalasi masyarakat yang lekas;
termasuk negara-negara bertumbuh;
adanya pertemuan corak kulit;
beberapa besar adalah negara tanda kekuasaan.
posisi asia tenggara ditinjau dari sebagian pandangan
1) pandangan ekonomi

dalam abad kesejagatan, enggak boleh jadi sesuatu negara melebarkan ekonomi seorang diri tanpa tercantel akan negara lain serta enggak terdapat satu negara yang bebas pangkal kapasitas. dasar kegiatan serupa ialah saling menginginkan bila keduanya membuahkan benda yang berlainan.

badan regional yang beranggotakan sepuluh negara asia tenggara berdiri 8 agustus 1967 di bangkok (thailand). awal terdiri dari lima negara (indonesia, malaysia, singapura, filipina, serta thailand). badan itu berjulukan asean yang ada tujuan selaku selanjutnya.

a) memacu kemajuan ekonomi, kesuksesan sosial, bersama ekspansi kultur buat memperkukuh alas satu buah populasi bangsa-bangsa asia tenggara yang aman serta adem ayem.

b) membuahkan perdamaian serta kemantapan regional atas jalur meluhurkan kesamarataan serta teratur adat di dalam kaitan antarnegara.

c) membuahkan kegiatan serupa yang aktif bersama saling mendukung satu serupa lain dalam permasalahan hajat bersama-sama di aspek ekonomi, sosial, kultur, cara, ilmu wawasan, serta administrasi.

d) saling memberi dukungan dalam alat bimbingan di aspek pendidikan.

e) beroperasi serupa dalam upaya mengajukan aspek agraria, pabrik, bersama bazar regional serta global.

f) melantan kegiatan serupa yang akrab serta berfaedah atas badan regional serta global.

tidak cuma asean, enam negara yang berawal dari asia tenggara jadi badan apec. badan ini adalah forum kegiatan serupa ekonomi asia pasifik yang berhajat mendorong kemajuan ekonomi serta pembentukan di area asia pasifik serta menguatkan skema bazar multilateral yang terbuka.

2) pandangan ketatanegaraan

beberapa besar negara di asia tenggara berlagak adil serta berpolitik luar negeri berdikari aktif biar terdapat di antara dua area daya yang berlainan, ialah utara mengerti komunis (rusia, rcc) serta selatan bebas (australia, selandia anyar).

konkretisasi kegiatan serupa ketatanegaraan negara-negara asia tenggara direalisasikan atas adanya kaitan diplomatik yang dimaksudkan buat:

a) meluhurkan kecocokan independensi buat segala negara,

b) enggak memakai bahaya alias kebengisan akan sesuatu negara,

c) enggak memberi acara dalam negeri sesuatu negara,

d) mencoba membereskan antarnegara dengan cara adem ayem.

kaitan kegiatan serupa itu dicirikan adanya perwakilan diplomatik, berwujud pengangkutan caraka besar, caraka besar luar lazim, serta daya upaya selaku pengemban kewajiban serta peranan dari per negara.

3) pandangan sosial akal budi

asia tenggara terdiri dari negara-negara atas lantai pendidikan, sosial, agama, serta adat istiadat yang beraneka ragam. akan tetapi begitu, pertemuan antara negara-negara di asia tenggara selaku selanjutnya.

a) menjaga akal budi memikul royong.

b) angka agamis yang tinggi serta saling meluhurkan.

c) diversitas suku bangsa serta akal budi jadi kapasitas anjur pelancong mancanegara serta jadi sentral riset para etnolog serta antropolog.

d) ada tindakan terbuka serta berhati-hati akan akal budi barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar